[LENGKAP] Karya-karya Raden Saleh

Description: https://fhetanblog.files.wordpress.com/2012/03/perahu.gif
BADAI
By : Raden Saleh

Judul Lukisan                      :           “Badai” (The Storm)
Peluki                                     :           Raden Saleh
Aliran Lukisan                     :           Romantisme
1.       DEFINISI
Lukisan ini dibuat pada tahun 1851 dengan media cat minyak di atas kanvas dengan ukuran 97 x 74 cm. Lukisan Raden Saleh yang berjudul “Badai” ini merupakan ungkapan khas karya yang beraliran Romatisme. Dalam aliran ini seniman sebenarnya ingin mengungkapkan gejolak jiwanya yang terombang-ambing antara keinginan menghayati dan menyatakan dunia (imajinasi) ideal dan dunia nyata yang rumit dan terpecah-pecah.

Lukisan ini merupakan ungkapan khas karya yang beraliran Romantisme. Dalam aliran ini seniman sebenarnya ingin mengungkapkan gejolak jiwanya yang terombang-ambing antara keinginan menghayati dan menyatakan dunia (imajinasi) ideal dan dunia nyata yang rumit dan terpecah-pecah. Dari petualangan penghayatan itu, seniman cenderung mengungkapkan hal-hal yang dramatis dan  emosional. Namun demikian, para seniman Romantisme sering juga berkarya berdasarkan pada kenyataan aktual.
Menurut seorang kritikus seni karya Raden Saleh ini merupakan karya yang sangat luar biasa, karena dilihat dari teknik penggarapan yang realistis secara keseluruhan menimbulkan rasa takjub ketika melihat dan mengapresiasi karya ini. Selain itu yang menjadikan lukisan ini hebat yaitu pemilihan subjek matteryang dihadirkan secara dramatis seolah-olah apresiator bisa merasakan langsung suasana yang terjadi pada lukisan ini.

2.      ANALISIS FORMAL


            Dalam karya itu terdapat dua kapal yang terombang-ambing di lautan yang sedang mengalami badai dan ada satu kapal yang di terjang ombak lalu menabrak karang. Penempatan gambar-gambar dalam lukisan tersebut sangat menarik dan kekontrasan warna satu dengan yang lain sangat menyatu. Pusat perhatian lukisan yang berjudul “Badai” adalah pada dua kapal yang sedang terombang-ambing di laut saat terjadi badai. Kontras warna background berupa awan yang membuka dengan warna yang terdapat pada deburan ombak yang menghancurkan kapal menjadikan pesan atau makna yang disampaikan terlihat semakin jelas, begitu juga dengan awan yang berwarna hitampekat menjadiakn suasana semakin terlihat dramatisir, tetapi secara keseluruhan komposisi karya Raden Saleh terlihat mampu menghibur mata maupun pikiran kita dan membangkitkan semangat yang semakin berkobar.


3.      INTERPRESTASI


Tema dalam lukisan berjudul badai adalah kekacauan jiwa manusia. Makna dalam lukisan tersebut adalah perasaan gejolak jiwa manusia hidup di dunia yang penuh dengan tantangan. Kesimpulannya lukisan itu bukan hanya memiliki kekontrasan warna yang menyatu, penempatan gambar-gambar yang baik dan terang gelap yang sangat bagus, melainkan memiliki makna yang sangat menarik yaitu tentang kehidupan manusia di dunia.

4.      EVALUASI

            Pada lukisan Raden Saleh yang berjudul “Badai” ini jika dilihat dari penggarapannya tidak semuanya realistis, hal ini terlihat dari Penggambaran batu karang yang terdapat di bagian kiri bawah tidak terlalu detail dan seakan-akan terdapat mata yang tajam pada batu karang tersebut sehingga terkesan mengganggu dan pewarnaan pada bagian tubuh kapal dengan layar mirip bahkan hampir sama sehingga sedikit sulit untuk membedakannya. Teknik pengerjaan dari lukisan ini kurang konsisten, karena hal ini biasa saja mengurangi nilai estetis yang terkandung dalam lukisan tersebut.
Namun terlepas dari kekurangan tersebut, karya Raden Saleh tersebut memiliki makna yang sangat menarik yaitu tentang kehidupan manusia.


Comments

Popular posts from this blog

[PRAKARYA] LAPORAN KERAJINAN BATOK KELAPA

CONTOH LAPORAN PEMBUATAN BAHAN KERAS PRAKARYA

PANGERTOSAN UYON - UYON LAN GAMELAN