CONTOH LAPORAN PENELITIAN KONSUMERISME



LAPORAN HASIL PENELITIAN KONSUMERISME




Disusun oleh :
Crussita Wahyuning Putri





X IPS 2
SMA Negeri 1 Godean
Jl. Sidokarto No.5 Sidokarto. Godean Sleman
Daerah Istimewa Yogyakarta 55564




KATA PENGANTAR
           
            Puji syukur saya ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya, sehingga penyusunan Laporan Hasil Penelitian dapat terselesaikan dengan baik tanpa kendala.
            Saya menyadari bahwa dalam penyusunan Laporan Hasil Penelitian ini tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak, oleh karena itu pada kesempatan ini saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada:
1.      Tuhan Yang Maha Esa yang telah menyertai kita dalam perjalanan
2.      Orang Tua yang telah mendukung dan telah memberi doa restu
3.      Ibu guru yang telah membimbing selama penyusunan laporan
Saya menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusan laporan ini masih banyak kekurangan karena keterbatasan kemampuan dan pengetahuan untuk itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat diharapkan demi kesempurnaan laporan ini.
Demikian kata pengantar ini saya buat, semoga dapat bermanfaat, khususnya bagi diri pribadi saya sendiri dan pembaca pada umumnya.



Godean, 02 Mei 2016






DAFTAR ISI

Daftar Isi......................................................................................................... ii
Kata Pengantar................................................................................................ i
BAB I : Pendahuluan
A.    Latar Belakang Masalah.............................................................. 1    
B.     Perumusan Masalah..................................................................... 1    
C.     Tujuan Penelitian......................................................................... 1    
D.    Manfaat Penelitian....................................................................... 1
E.     Kerangka Teori............................................................................ 2
F.      Hipotesis...................................................................................... 2
G.    Definisi Konsep........................................................................... 3
H.    Operasionalisasi Variabel............................................................. 3
BAB II :  Metode Penelitian
A.    Jenis Penelitian............................................................................ 5    
B.     Lokasi Penelitian......................................................................... 5    
C.     Populasi dan Teknik Penarikan Sampel....................................... 5    
D.    Analisis Data............................................................................... 5
Daftar Pustaka................................................................................................ 7


BAB I
PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG MASALAH
Banyak iklan yang ditayangkan di TV, koran, dan mall menyebabkan remaja di kecamatan godean bersikap konsumtif. Remaja merasa perlu mengikuti perkembangan terkini. Mereka cenderung tidak memperdulikan fungsi dari barang yang mereka beli. Contohnya jika ada gadget model terbaru mereka akan membeli agar bisa mengikuti perkembangan zaman. Hal ini menyebabkan pendapatan masyarakat  kurang karena lebih mementingkan barang-barang baru.

B.   RUMUSAN MASALAH
1.      Apa penyebab terjadinya konsumerisme di kalangan remaja kecamatan godean?
2.      Apa dampak negatif tentang konsumerisme yang terjadi di kalangan remaja kecamatan godean?
3.      Bagaimana cara mengatasi konsumerisme di kecamatan godean?


C.     TUJUAN PENELITIAN
1.      Ingin mengetahui sebab akibat terjadinya konsumerisme di kalangan masyarakat kecamat godean.
2.      Ingin mengetahui dampak negatif konsumerisme.
3.      Ingin mengetahui cara mengatasi konsumerisme.

D.    MANFAAT PENELITIAN
1.      Bagi Peneliti
Penelitiam diharapkan menambah wawasan dan mampu menjadi alat pembelajaran untuk selalu bisa berfikir secara sistematis dalam mengkaji suatu permasalahan, khususnya permasalahan konsumerisme di kalangan remaja.

2.      Bagi Pengembangan Ilmu Pengetahuan
Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan wacana dan gambaran bary yang lebih mendalam mengenai konsumerisme di kalangan remaja.

3.      Bagi Masyarakat
Penelitian ini diharapkan mampu membawa contoh bagi masyarakat agar masyarakat khususnya remaja tidak hanya menjadi masyarakat yang konsumtif yang hanya mengutamakan kepuasan diri.


E.     KERANGKA TEORI
Teori yang menyatakan tentang masyarakat konsumerisme adalah Teori Consumer Society. Baudlillard menyatakan bahwa kebutuhan manusia diproduksi sebagai kekuatan konsumtif. Kebutuhan adalah bentuk paling maju dari sistemasi rasional kekuatan-kekuatan produksi pada level individu, simana konsumsi memakai penyampaian logis dan penting dari produksi. Konsumsi adalah sebuah ideologi dan sebuah sistem komunikasi dan dapat dipandang sebagai eksklusivitas kenikmatan.

F.      HIPOTESIS
Budaya konsumerisme dapat menimbulkan penyimpangan sosial karena remaja mempunyai keinginan untuk memilih barang-barang bermerk. Mereka rela menjadi PSK agar bisa mendapatkan uang. Para remaja juga berani melawan orang tuanya demi mendapatkan uang.
Ada beberapa alasan perilaku konsumtif menjangkiti kalangan remaja, salah satunya karena psikologis remaja masih sangat sensitif terhadap pengaruh luar. Dimana masa remaja merupakan masa penuh gejolak emosi dan ketidakseimbangan sehingga mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitarnya. Remaja usia 16 tahun sampai dengan 18 tahun kebanyakan membelanjakan uangnya lebih banyak untuk keperluan menunjang penampilan diri. Remaja ingin dianggap keberadaannya dan diakui eksistensinya oleh lingkungan tersebut. Kebutuhan untuk diterima dan menjadi sama dengan orang lain yang sebaya itu menyebabkan remaja dituntut untuk mngikuti berbagai atribut yang sedang populer. Salah satu caranya adalah dengan berperilaku konsumtif, seperti memakai barang-barang baru dan bermerk, pergi ke tempat-tempat mewah untuk bersenang-senang seperti mall, cafรฉ, dan restoran mahal. Factor lain yang mendukung adalah munculnya banyak iklan di televisi yang mengundang minat para masyarakat khususunya untuk membeli barang tersebut.
Untuk menghilangkan sifat konsumerisme tersebut salah satunya dengan cara memsosialisasikan pola hidup yang bermanfaat. Oleh karena itu, orang tua perlu mengajarkan anak-anaknya untuk melakukan pola hidup sederhana.

G.    DEFINISI KONSEP
Konsumerisme adalah paham atau ideologi yang menjadikan seseorang melakukan proses konsumsi atau pemakaian barang secara berlebihan. Hal tersebut menjadikan manusia menjadi pecandu dari suatu produk, sehingga ketergantungan tersebut tidak dapat dihilangkan. Remaja adalah waktu manusia berumur belasan tahun. Jadi konsumerisme di kalangan remaja adalah sikap konsumtif di saat remaja beranjak dewasa.

H.    OPERASIONALISASI VARIABEL
Operasionalisasi dalam variable, indicator dan item yaitu sebagai berikut.
1)      Faktor Internal (X)
Faktor Internal yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pada diri remaja yang mencakup motivasi dan pembelajaran.

Variabelnya :
a.      Motivasi (X1)
Adalah suatu dorongan kebutuhan dan keinginan individu yang diarahkan pada tujuan untuk memperoleh keputusan.
Indikator : kebutuhan memiliki barang mewah, kebutuhan membeli barang mahal.
Item-itemnya adalah :
1)      Dorongan kebutuhan akan memiliki barang mewah (X1.1)
2)      Dorongan kebutuhan akan memiliki barang mahal (X1.2)

b.      Pembelajaran (X2)
Adalah proses perubahan perilaku yang terjadi sebagai hasil akibat adanya pengalaman dan informasi.

Indikator : informasi dari media iklan, informasi dari teman.
Item-itemnya adalah :
1)      Informasi yang diperoleh dari media iklan (X2.1)
2)      Informasi yang diperoleh dari teman (X2.2)




BAB II
METODE PENELITIAN


A.    JENIS PENELITIAN

1.      Berdasarkan cara pembahasannya, merupakan penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini, peneliti berusaha memaparkan sebab akibat konsumerisme di kalangan remaja di kecamatan godean. Peneliti juga berusaha menyingkap fakta dari konsumerisme.
2.      Berdasarkan dari tempat pelaksanaannya, penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Karena penelitian ini bertujuan memecahkan masalah tentang konsumerisme yang terjadi di kalangan remaja kecamatan godean.
3.      Berdasarkan bidangnya, penelitian ini termasuk penelitian bidang sosial. Karena peneliti melakukan penelitian terhadap konsumerisme di kalangan remaja kecamatan godean.

B.     LOKASI PENELITIAN

Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Godean, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

C.     POPULASI DAN TEKNIK PENARIKAN SAMPEL

·         Populasi                                   : Remaja-remaja Kecamatan Godean
·         Teknik Penarikan Sampel        : Sampling Acak Berstrata secara Proporsional

D.    ANALISIS DATA
Analisis data dalam penelitian ini mengacu pada buku karangan Anton Bakker dan Ahmad Charis Zubair (1994), dengan menggunakan metode sebagai berikut:
c.       Deskripsi: yaitu memberikan gambaran mengenai hasrat konsumeris. Tujuannya adalah memperoleh gambaran yang jelas mengenai topik penelitian.
d.      Analisis: yaitu usaha menganalisa konsumerisme untuk mendapatkan suatu pemahaman yang sifatnya mendalam.
e.       Interpretasi: yaitu usaha menangkap, serta memahami isi atau makna dari data yang telah ditemukan yaitu mengenai konsumerisme masyarakat. Kemudian menguraikan makna dari data-data yang ada secara objektif.












































DAFTAR PUSTAKA

Febriana, Ismi. Psikologi Konsumtif, http://mhikkyu.blogspot.com/.
Rifki, Muhammad. Remaja dan Konsumerisme. http://www.sosbud.kompasiana.com,  diakses
Siska Purkasih, Masalah Konsumerisme di Kalangan Remaja, http://www.siskapurkasih.blogspot.com
___, Indikator Perilaku Konsumtif. http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/23554/3/Chapter%20II.pdf. Akses 27 Desember 2011, pukul 20.08 WIB
Sonsaka, Mastur. Remaja dalam kubangan Konsumerisme, http://www.mastursonsaka.wordpress.com

Comments

Popular posts from this blog

[PRAKARYA] LAPORAN KERAJINAN BATOK KELAPA

CONTOH LAPORAN PEMBUATAN BAHAN KERAS PRAKARYA

PANGERTOSAN UYON - UYON LAN GAMELAN